Home » » Jokowi Tugaskan Susi Tenggelamkan Kapal Asing Pencuri Ikan

Jokowi Tugaskan Susi Tenggelamkan Kapal Asing Pencuri Ikan

Jokowi Tugaskan Susi Tenggelamkan Kapal Asing Pencuri Ikan

Presiden Joko Widodo (Jokowi) siap memberikan tindakan keras terhadap hadirnya kapal asing yang masuk ke Indonesia dan melakukan pencurian ikan. Jokowi menugaskan kepada Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti agar berani menenggelamkan kapal asing tanpa izin tersebut tanpa ampun. Indonesia saat ini menjadi salah satu negara yang kerap dijadikan lokasi illegal fishing kapal asing tak berizin.

“Tenggelamkan saja kapal-kapal asing itu, jangan cuma ditangkap. Kalau tidak ditenggelamkan sumber daya laut habis” kata Jokowi lewat laman Setkab, seperti dikutip Okezone.

Sikap keras Jokowi ini muncul setelah Susi melaporkan banyaknya ilegal fishing yang terjadi di Indonesia. Pada saat blusukan di perairan Berau, Kalimantan Timur, Susi mendapatkan laporan tentan hal ini. Susi pun akhirnya melakukan koordinasi dengan kementrian terkait dan Kapolri agar kapal-kapal asing yang menyusup dan mencuri ikan di laut Indonesia segera diambil tindakan tegas.
Susi juga menjelaskan, pemantauan illegal fishing sebenarnya dapat mudah terdeteksi. Pasalnya, pihak yang berkepentingan dapat menggunakan satelit. Dari satelit ini dapat memantau iridium yang ada di lautan dan pasti terdeksi.

“Aktifitas legal fishing dan ilegal fishing dapat dideteksi dengan baik. Satelit pakai iridium, jadi tidak ada blind spot. Di mana saja di bumi iridium bisa detect,” ujar Susi

Sikap tegas juga ditunjukkan Susi saat bertemu dengan para dubes negara sahabat. Dalam pembicaraan tersebut Susi tidak ragu lagi harus menjatuhkan bom jika tetap ada kapal asing tidak berizin yang masuk ke Indonesia. Dibahas pula soal moratorium izin kapal baru. Kesepakatan dengan para dubes yaitu berkomitmen untuk tidak terjadi lagi pencurian ikan oleh kapal-kapal negara sahabat atau dari Indonesia.

Written by : Angga Supriadi - Describe about you

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Etiam id libero non erat fermentum varius eget at elit. Suspendisse vel mattis diam. Ut sed dui in lectus hendrerit interdum nec ac neque. Praesent a metus eget augue lacinia accumsan ullamcorper sit amet tellus.

Join Me On: Facebook | Twitter | Google Plus :: Thank you for visiting ! ::

0 comments:

Post a Comment